BayuPinasthika
Bayu Pinasthika
28 Sep 2017

Trading BTC di Bitcoin.co.id

Selain melakukan mining bitcoin, selama ini saya juga melakukan trading bitcoin melalui bitcoin.co.id. Hal ini mungkin saya rasa akan lebih mudah dilakukan dibandingkan harus melakukan mining bitcoin. Konsepnya kita membeli bitcoin disaat harga bitcoin rendah dan menjualnya kembali disaat harga bitcoin tinggi. Selisihnya merupakan keuntungan yang kita dapatkan.

Kali ini saya akan berbagi bagaimana teknik cara mendapatkan keutungan dengan melakukan trading bitcoin yang saya dapatkan dari mentor / coach saya.

Tools yang digunakan adalah menggunakan website bitcoincharts.com. Disana kita dapat mendapatkan grafik pergerakan harga bitcoin. Lalu atur konfigurasi yang terletak di atas menjadi seperti ini:

Symbol: bitcoin.co.id (IDR)
Chart Type: Typical Price
Price Band: Bollinger Band
Moving Averages: Simple 5 & Simple 10

Dengan konfigurasi tersebut, kita mendapatkan grafik dengan contoh sebagai berikut:

Lihatlah perbedaan antara typical price (garis hitam) dengan moving average price (garis coklat dan ungu). Jika moving average price berada diatas typical price maka harga bitcoin sedang turun, sedangkan jika moving average price berada dibawah typical price maka harga bitcoin sedang naik.

Disini kita dapat menentukan harga minimal maupun harga maksimal. Dimana harga minimal adalah waktu terbaik untuk membeli bitcoin, sementara dimana harga maksimal adalah waktu terbaik untuk menjual bitcoin. Untuk mempermudah pembacaan grafik, maka aktifkanlah Technical Indicators dengan melakukan centang box pada large indicators. Saya biasa menggunakan metode RSI dan MACD untuk membaca Technical Indicators.

Metoda RSI

Dengan menggunakan RSI, maka cara membacanya adalah dengan 2 parameter yaitu garis 30% dan 70%. Saat kurva RSI berada dibawah 30% maka itulah waktunya untuk membeli bitcoin dan jika kurva RSI berada diatas 70% maka itulah waktunya untuk menjual bitcoin.

Pada saat menggunakan RSI, kita dapat mengetahui bahwa kurva RSI dibawah 30% akan terjadi pada saat moving average price yang ada di atas mulai memotong typical price dan kurva RSI 70% biasanya akan terjadi saat moving average price yang ada dibawah mulai memotong typical price.

Metoda MACD

Untuk melakukan pengambilan keputusan lebih lanjut waktu pembelian bitcoin, saya biasa menggunakan Technical Indicators MACD seperti gambar dibawah ini:

Jika kurva MACD berada dibawah, maka waktu tersebut baik untuk melakukan pembelian bitcoin, sebaliknya saat kurva MACD berada diatas maka kemungkinan waktu tersebut baik untuk menjual bitcoin. Namun ini harus melihat kembali kurva RSI dan perpotongan kurva typical price dengan moving average price yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Secara umum cara ini dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan maksimal saat trading bitcoin maupun trading valas / saham. Semoga dapat membantu rekan-rekan yang ingin memulai trading bitcoin.

Bitcoin • Business Leave a comment
%d blogger menyukai ini: