BayuPinasthika
Bayu Pinasthika
11 Apr 2019

Cara Backup dan Restore Database MariaDB/MySQL dengan CLI

Backup database adalah sesuatu hal yang penting. Ketika database terjadi suatu masalah, maka kita dapat melakukan restorasi dengan data yang telah dibackup sebelumnya. Sebenarnya melakukan backup database dapat dilakukan melalui phpMyAdmin hanya dengan halaman export dan untuk melakukan restore cukup dengan halaman import. Namun kali ini saya akan membahas cara melakukan backup dan restore database dengan menggunakan command line untuk database MariaDB dan MySQL. (karena MariaDB merupakan fork dari MySQL, jadi caranya pun sama)

Backup Database

Cara untuk melakukan backup database di MariaDB/MySQL adalah dengan menggunakan tool mysqldump. Cukup ketik dan jalankan perintah berikut pada terminal:

mysqldump -u {nama user} -p {nama database} > {path dan nama file backup}.sql

Sebagai contoh user MariaDB/MySQL saya adalah root, nama database yang saya akan backup adalah hospital dan nama file backup saya adalah backup-hospital.sql pada folder /home/bayu. Maka yang saya harus ketik dan jalankan adalah sebagai berikut:

mysqldump -u root -p hospital > /home/bayu/backup-hospital.sql

Restore Database

Cara untuk melakukan restore database adalah dengan langsung mengeksekusi dengan perintah mysql dengan perintah:

mysql -u {nama user} -p {nama database} < {path dan nama file backup}.sql

Sebagai contoh user MariaDB/MySQL untuk saya melakukan restore adalah bayu, nama database yang akan saya restore adalah hospital dan nama file backup saya terletak di /home/hospital/backup-hospital.sql. Maka yang saya harus ketik dan jalankan adalah sebagai berikut:

mysql -u bayu -p hospital < /home/hospital/backup-hospital.sql

Database • Linux • MariaDB • MySQL • Teknologi Informasi Leave a comment