BayuPinasthika
Bayu Pinasthika
29 Jan 2019

Cara Setting IP Address Static Raspberry Pi

Kemarin saya mengalami masalah untuk melakukan pengaturan IP Address di Raspberry Pi. Saya ingin melakukan setting IP statik, namun setiap di restart IP nya selalu saja berubah. Kalau saya periksa lagi pengaturannya saya set sama persis seperti saya melakukan pengaturan di Linux pada /etc/network/interfaces namun masih tidak berhasil.

Setelah sekian lama mencari, ternyata saya menemukan penyebab kesalahan saya sendiri yaitu ada keterangan pada file /etc/network/interfaces yang isinya adalah:

# Please note that this file is written to be used with dhcpcd
# For static IP, consult /etc/dhcpcd.conf and 'man dhcpcd.conf'

Jadi untuk melakukan perubahan IP Static pada Raspberry Pi, pengaturannya terdapat pada file /etc/dhcpcd.conf. Dokumentasi lengkap tentang pengaturan tersebut dapat dibaca pada:

$ man dhcpcd.conf

Pada Raspbian Jessie, pengaturan IP tidak dilakukan melalui file /etc/network/interfaces, namun dengan menggunakan file /etc/dhcpcd.conf dan cukup mudah. Kita tinggal menyalin contoh konfigurasi yang ditampilkan pada panduannya. Sebagai contoh kasus, kita akan melakukan konfigurasi IP Address statik pada interface eth0 dengan membuka file /etc/dhcpcd.conf dengan perintah berikut:

$ sudo nano /etc/dhcpcd.conf

Kemudian tambahkan baris berikut di paling bawah (sesuaikan dengan IP yang akan di berikan):

interface eth0
static ip_address=192.168.0.10/24
static routers=192.168.0.1
static domain_name_servers=192.168.0.1

Lalu simpan file konfigurasinya dan reboot.

File /etc/network/interfaces harus dibiarkan seperti aslinya, tidak boleh dirubah.

Linux • Raspberry Pi • Teknologi Informasi Leave a comment
%d blogger menyukai ini: