BayuPinasthika
Bayu Pinasthika
22 Okt 2018

Membatasi Sharing Koneksi dengan Change TTL di MikroTik

Jika kita membuat koneksi pada kantor atau tempat umum dan menggunakan Hotspot dan IP Binding sering kali beberapa IP menggunakan traffic yang cukup tinggi. Biasanya IP tersebut digunakan untuk sharing ke beberapa device. Dengan menggunakan MikroTik, kita bisa membatasi hal tersebut menggunakan Change TTL sehingga koneksi hanya bisa dilakukan dengan satu perangkat saja. Apabila ingin menyebarkan / sharing koneksi yang didapat, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Hal ini dimaksudkan supaya koneksi hanya bisa digunakan oleh perangkat yang terkoneksi langsung ke router dan tidak bisa di sharing lagi oleh perangkat dari client atau sharing koneksi menggunakan router sesuai gambar berikut ini:

Cara konfigurasinya adalah kita akan mengubah nilai TTL (Time To Live) dari packet download yang menuju ke client. Kita bisa melakukan konfigurasi tersebut pada menu firewall mangle dengan menambahkan change TTL dengan chain postrouting ke out interface user menjadi nilai 1 dengan perintah:

/ip firewall mangle
add action=change-ttl chain=postrouting new-ttl=set:1 out-interface=bridge-local passthrough=no

Secara konsep setiap packet data yang melewati jaringan dari source address ke destination address akan ditambahkan informasi nilai TTL nya. Nilai TTL ini akan dikurangi satu persatu setiap melewati sebuah gateway (Layer 3 device/router).

MikroTik • Teknologi Informasi Leave a comment
%d blogger menyukai ini: