BayuPinasthika
Bayu Pinasthika
03 Des 2018

Membuat Address List dari Nama Domain di MikroTik

Pada saya akan membuat akses khusus ke domain-domain tertentu di Rumah Sakit tempat saya bekerja, biasanya saya menggunakan IP Server pada domain tersebut. Namun bagaimana jika sewaktu-waktu IP Server tersebut berubah, ini menyulitkan saya untuk tetap memonitoring IP Server tujuan. Sempat berpikir menggunakan script yang dijalankan secara berkala untuk melakukan update IP Server tersebut, ternyata ada cara yang lebih mudah untuk hal tersebut.

Cara ini juga dapat digunakan untuk banyak hal mengingat konsep dasarnya adalah membuat address list dari nama-nama domain.

Langkah pertama, kita akan melakukan listing terlebih dahulu pada menu Address List. Pilih menu IP, lalu pilih Firewall dan buka tab Address List. Tambahkan satu value yang dimana pada parameter ‘Address’ yang sebelumnya kita isikan dengan IP Address bisa kita isikan dengan nama domain.

Contohnya saya ingin melakukan block terhadap social media, maka saya tambahkan domain-domain tersebut di address list lalu saya block menggunakan firewall. Atau seperti yang saya ceritakan tadi, saya deskripsikan web-web yang akan saya prioritaskan lalu saya buat jalur khusus di mikrotik dengan priority 1. Atau bisa digunakan untuk hal-hal lainnya.

Address List ini dapat menambahkan dengan nama domain router akan menambahkan IP Address yang digunakan website tersebut secara dinamis sehingga tidak perlu dilakukan kontrol IP Servernya. MikroTik akan melakukan update sendiri setiap ada user yang mengakses domain tersebut.

MikroTik • Teknologi Informasi Leave a comment
%d blogger menyukai ini: