BayuPinasthika
Bayu Pinasthika
24 Sep 2016

Menjalankan Oracle dengan XAMPP di Windows XP

Dalam membuat sebuah aplikasi untuk salah satu usaha saya, saya dihadapkan dengan Windows XP yang notabennya cukup ketinggalan zaman karena salah satu aplikasinya hanya dapat jalan di Windows XP. Aplikasi yang saya buat adalah menggunakan PHP dimana saya ingin mengcopy data aplikasi yang databasenya menggunakan oracle express edition di komputer itu ke server saya di data center. Dengan demikian solusinya saya menginstall XAMPP pada komputer tersebut lalu membuat aplikasi sederhana untuk mengirimkan datanya ke server saya.

Namun kendala terjadi saat mengaktifkan oci8 pada XAMPP di Windows XP. Muncul notifikasi dengan tulisan “PHP Startup: Unable to load dynamic library php_oci8.dll could not be found”. Dan saya periksa kembali koneksi oci8 pada phpinfo() tidak keluar.

Untuk menyelesaikan masalah ini solusinya adalah dengan melakukan copy 3 file yang berasal dari Oracle Instant Client yaitu orannzsbb12.dll, oci.dll dan oraociei12.dll ke dalam C:\Windows\System32 (yang saya gunakan adalah Oracle Instant Client 12 Microsoft Windows 32-bit Version 12.1.0.2.0)

Jangan lupa untuk melakukan restart pada apache XAMPP nya setelah melakukan copy file.

Oracle • Teknologi Informasi • Windows • XAMPP Leave a comment
%d blogger menyukai ini: