BayuPinasthika
Bayu Pinasthika
26 Jul 2019

Cara Reset Password WordPress Menggunakan PhpMyAdmin

Kadang kita lupa dengan user dan password kita saat melakukan login. Jika kamu lupa user dan password saat login ke web WordPress di hosting kamu, kamu tidak perlu khawatir. Berikut cara melakukan perubahan user dan password di WordPress pada hosting kamu:

Buka database kamu (pada contoh saya akan menggunakan phpMyAdmin). Jika hosting kamu menggunakan cPanel, maka kamu bisa membukan phpMyAdmin pada menu cPanel kamu dikelompok menu Database.

Setelah terbuka, pilih database WordPress kamu. Jika kamu tidak mengetahui database mana yang digunakan oleh website WordPress, kamu bisa cek melalui file wp-config.php difile WordPress kamu.

Ketika database sudah dipilih, semua tabel akan tampil dan akan terlihan tabel wp_users. Namun untuk alasan keamanan, biasanya prefix dari tabel tersebut berbeda seperti contoh pada gambar wpoj_users (wpoj_ adalah prefixnya menggantikan wp_). Klik tabel tersebut dan klik Browse.

Disini seluruh username untuk login ke WordPress kamu akan terlihat. Silahkan klik Edit pada username yang lupa passwordnya seperti gambar berikut.

Setelah itu kamu bisa merubah username pada baris user_login dan password pada baris user_pass dikolom Value. Khusus untuk perubahan password (user_pass), pada kolom Function terdapat menu dropdown, klik dan pilih MD5 pada kolom tersebut.

Jika sudah melakukan penyesuaian (sebaiknya tidak merubah baris lain selain user_login dan user_pass), klik tombol Go untuk menyimpan perubahan username dan password pada WordPress kamu.

Sekarang kamu sudah bisa login ke WordPress di hosting kamu dengan menggunakan username dan password yang baru saja kamu ubah.

Teknologi Informasi • WordPress Leave a comment